Skip to Content

INFOMENARIKINDO

Berita Dan Informasi Seputar Indonesia

Ancaman untuk Jakarta Terguncang Gempa Bumi

Ancaman untuk Jakarta Terguncang Gempa Bumi

Be First!
by October 23, 2017 Hot news

Ancaman untuk Jakarta Terguncang Gempa Bumi

Gempa bumi memang menjadi sesuatu yang menakutkan. Kerusakan, korban jiwa, trauma dan segala hal yang diakibatkan oleh gempa bumi menjadi bayangan yang menakutkan. Apalagi jika sebuah gempa bumi mengguncang daerah yang padat penduduk dengan banyak bangunan, dan gedung pencakar langit. Contohnya kota Jakarta, jika ada gempa yang mengguncang daerah terpadat di Indonesia ini, bisa dibayangkan berapa banyak kerugian harta dan nyawa. Untungnya kota metropolis ini selalu aman dari bencana gempa bumi untuk beberapa dekade dan hanya bencana ringan seperti banjir. Namun ada kabar yang cukup menghebohkan mengenai sebuah ancaman gempa yang dapat mengguncang Jakarta, dan berikut kisah selengkapnya.

Ancaman Gempa bagi Jakarta

Pada tahun 2016, Elsavier mempublikasikan sebuah penelitian dan pemaparan dari seorang ahli geodesi asal Australia yakni Achrafff Koulali. Pernyataan yang membuat heboh ahli geologi tanah air adalah adanya temuan sesar aktif sepanjang 25 kilometer yang melintang di sebelah selatan Jakarta. Sesar tersebut dipercaya sebagai kepanjangan dari sesar aktif lain yaitu Baribis. Sesar Baribis sendiri dipercaya oleh banyak ahli bumi melintang hanya dari daerah Cilacap di Jawa Tengah dan berakhir di daerah Subang, Jawa Barat. Anggapan ini lah yang selama ini dipercaya oleh ahli bumi di Indonesia, dan tentu saja pernyataan dari Koulali mengenai sesar aktif yang melewati Jakarta membuat heboh.

Sebenarnya penemuan dari peneliti asal Australia tersebut dibenarkan oleh pakar geologi dari LIPI atau lembaga ilmu pengetahuan Indonesia. Salah satu peneliti di pusat geoteknologi LIPI yaitu Dr Danny Hilman Natawidjaja menyebutkan bahwa apa yang dikemukakan oleh Koulali adalah valid. Menurut Dr Danny, modeling yang digunakan dalam penelitian Koulali sudah benar dan secara saintifik juga bagus. Namun penelitian Koulali masih harus dilakukan dengan lebih detail. Dr Danny menyarankan penelitian Koulali dilakukan lebih lanjut dengan membuat GPS yang lebih rapat dan juga membuat sebuah peta untuk jaringan seismik. Pada intinya, penelitian dari Koulali ini harus lebih jelas dengan peta dan bukti.

Seperti yang ada di LIPI misalnya menggunakan pemindaian dengan GPR atau ground penetring radar. Dr Danny sendiri pernah mengajukan untuk dilakukan penelitian mengenai sesar aktif di selatan Jakarta ini. Namun sejak dua tahun pengajuan risetnya, proposal Dr Danny belum juga mendapat respon yang positif. Dr Danny yang merupakan alumnus dari California Institute of Technology ini melakukan beberapa penelitian terkait sesar dan ancaman kegempaan. Menggunakan data GPS, mikroatol, dan citra satelit, sang doktor ini meramalkan bahaya dan ancaman bagi kota Jakarta terkait kegempaan. Menurutnya, sesar aktif yang ada di selatan Jakarta dapat memberikan ancaman kegempaan dan bisa menghasilkan guncangan dengan kekuatan mencapai 7 SR.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pernyataan mengenai ancaman gempa di Kota Jakarta dapat menimbulkan kegaduhan. Faktor yang membuat kendala mengenai hal-hal terkait ancaman gempa untuk Jakarta adalah pembangunan infrastruktur di Jakarta. Jika peta bahaya gempa di tingkatkan, status ancaman gempa pun ikut dinaikkan. Banyaknya perdebatan yang terjadi mengenai pemetaan bahaya seismik Kota Jakarta juga dibenarkan oleh Dr Rivaq. Semua harus dipikirkan matang-matang dari atas hingga bawah, jika ingin membuat pemetaan baru. Hal tersebut karena status ancaman gempa mempunyai pengaruh pada pembangunan. Jika Jakarta memiliki status ancaman gempa yang lebih besar, secara otomatis kode bangunan tahan gempa akan dinaikkan standarnya. Kenaikan standarisasi ini lah yang bisa membuat kenaikan biaya pada pembangunan infrastruktur yang secara langsung akan berdampak pada masalah lain seperti ekonomi dan sosial.

Share and Enjoy ....
0
Ancaman untuk Jakarta Terguncang Gempa Bumi on October 23, 2017 rated 5.0 of 5
Previous
Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*